Pangsa pasar yang semakin luas untuk digarap merupakan alasan utama langkah Acer Inc mengambil alih beberapa merek lain. Hal tersebut dikatakan oleh, Daniel Rusmandi, Direktur Marketing Acer Indonesia di Jakarta (12/3) mengomentari langkah perusahaan Taiwan itu yang mengakuisisi eMachine, Packard Bell, dan Gateway.
"Pasar sudah semakin dinamis, dan Acer menyadari akan sulit meng-capture pasar hanya dengan satu brand saja, " kata Daniel di sela peluncuran produk pertama Gateway di Indonesia. Sejak tahun 2007 kemarin, pihak Acer Inc telah melakukan akuisisi ketiga pemilik merek yang selama ini bermain di segmen pasar berbeda.
Daniel menjelaskan masing-masing merek mempunyai wilayah pemasaran masing-masing. eMachine yang menawarkan fungsi dasar sebuah komputer dipasarkan di luar Jakarta, seperti Surabaya dan Medan.
Untuk eMachine, Acer Indonesia telah mulai memasarkannya sejak November tahun lalu. Ia mengatakan, semenjak dipasarkan, eMachine telah merebut 18 persen dari keseluruhan pasar Acer di Indonesia.
"Tanggapan pasar terhadap eMachine sangat positif, sepertinya kita mengeluarkan pada waktu yang tepat, " ujar Daniel.
Sedangkan untuk Gateway yang baru saja diluncurkan hari ini, Acer melirik pasar di Jakarta. Gateway memang berbeda segmen dengan eMachine karena menyasar anak-anak muda dengan desain yang stylish.
"Masyarakat Jakarta lebih memperhatikan style di banding masyarakat di kota lain, tapi tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan di wilayah lain, " terang Daniel.
Sementara untuk Packard Bell, sejauh ini tidak ada rencana Acer untuk memasukkannya ke Indonesia. Menurut Daniel, produk-produk Packard Bell lebih cocok untuk dipasarkan di Eropa dengan desain rigid, kinerja powerful, dan harga lebih mahal namun tidak terlalu menonjolkan gaya.
Monday, May 04, 2009
Dengan 3 Merek Baru, Acer Siap Garap Semua Segmen
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments: